Sabtu, 09 Juni 2012

Sungai Anteseden, Sungai Oyo


Letak
Secara administratif, Sungai Oyo berada pada perbatasan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul dan Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai Oyo memiliki panjang 37,75 km. Koordinat Sungai Oyo yang menjadi tempat penelittian kali ini terletak pada posisi 0449918 mT; 9127518 mU, dengan elevasi 141m.
Kekhasan
Posisi di tempat ini miring dan batuannya batuan kapur. Sungai Oyo merupakan sungai anteseden. Batuan di sungai ini juga terangkat. Di sebelah sungai ini terdapat Hutan Wanagama yang awalnya dulu merupakan bukit gundul yang gersang dan tandus. Nama Wanagama berasal dari dua kata, yakni wana yang berarti alas atau hutan, dan gama yang merupakan kependekkan dari Gadjah Mada. Hutan yang ikut serta berperan menghijaukan Gunungkidul ini, mulai dirintis pada tahun 1964 oleh Prof. Oemi Hani’in Suseno, salah satu akademisi kampus UGM.
Karakteristik Anteseden Sungai Oyo
Sungai Oyo termasuk sungai anteseden yang dibuktikan dengan adanya aliran sungai yang melewati suatu batuan dan batuannya terangkat. Antara kekuatan pengangkatan dengan pengikisan oleh sungai memiliki besar yang sama, misal terangkat 5cm maka akan tergerus 5cm. Batuan yang terdappat di sungai Oyo merupakan batuan kapur termasuk batuan sedimen yang terendapkan dalam posisi horizontal. Pada tempat ini merupakan tumbukan antar lempeng, yaitu lempeng Eurasia yang terangkat sebagian sehingga tampak miring. 

Tidak ada komentar: