Sabtu, 09 Juni 2012

Analisis Geografi Dalam Situs Ratu Boko



Analisis Geografi Dalam Situs Ratu Boko
Keraton Ratu Boko, terletak sekitar 2 km sebelah selatan Candi Prambanan. Keraton Ratu Boko terletak di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 mdpl. Memiliki luas sekitar 25 hektar dan berada di dua desa, yaitu Desa Sambirejo dan Desa Dawung, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Yogyakarta.
Terletak pada 0440399 mT; 9136840 mU dengan elevasi 198m,  Merupakan daerah sedimen piroklastik dari vulkan, merupakan sumber air kualitas baik. Formasi di situs Ratu Boko lebih tua dari formasi yang ada di Merapi. Situs Ratu Boko merupakan formasi Semilir. Formasi Semilir tersingkap luas di sepanjang Pegunungan Selatan, pantai selatan Jawa bagian tengah. Formasi, yang memainkan peran penting dalam stratigrafi dan magmatisme di daerah tersebut, dialasi secara selaras oleh Formasi Kebo-Butak dan bagian atasnya ditindih oleh Formasi Nglanggran. Formasi Semilir didominasi oleh batuan vulkanik berupa tuf kristal, tuf lapili, dan breksi batuapung. Bagian bawah dari formasi ini tersusun oleh batupasir berupa lithic-feldspathic wackes. Lempung gampingan di bagian bawah mengandung fosil foraminifera dan nanno, mengindikasikan lingkungan laut dan umur Miosen Awal (NN3). Bagian atas terdiri atas breksi batuapung dan breksi batuapung andesitan.
 Di beberapa tempat di bagian atas terdapat beberapa lensa tipis lignit dan fosil kayu. Di bagian atas, menunjukkan penyebaran ekstensif dari grain-flow sediment. Bagian ini diinterpretasikan sebagai endapan terestrial. Berdasarkan penentuan umur dengan jejak belah pada sirkon di breksi batuapung menunjukkan umur 17.0 + 0 juta tahun dan 16.0 + 1.0 juta tahun atau akhir Miosen Awal. Lingkungan pengendapan Formasi Semilir menunjukkan pendangkalan ke arah atas, yang semula laut dangkal berubah menjadi darat. Fasies breksi batuapung dan breksi batuapung andesitan diendapkan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan kegunungapian meningkat pesat pada saat pengendapan bagian atas formasi. Erupsi besar yang membentuk Formasi Semilir diduga berpusat di Cekungan Baturetno.
Situs Ratu Boko ini dibangun di ketinggian dengan maksud agar kerajaan dapat mengawasi keadaan sekitar (wilayahnya) dengan mudah.



Tidak ada komentar: