Rabu, 20 April 2011

pengantar arc info - versi q lagi

Pesatnya kemajuan teknologi komputer, baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware), membuat perubahan cara atau sistem yang sangat drastis di dalam menghasilkan berbagai jenis pekerjaan. Sebagai contoh dalam penyajian dan pengelolaan data, yang semula dilakukan secara manual, sekarang dapat dilakukan dengan teknologi komputer yang berbasis digital, sehingga hasil yang didapat bisa lebih tepat dan cepat.
Komputerisasi merupakan Tools (alat) yang selalu menerima perintah-perintah dari pengguna (users), banyak sudah tool yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti tool untuk pengolah kata, hitung menghitung dan banyak lagi lainnya. Namun teknologi komputer tidak hanya berkaitan dengan hitung menghitung dan pengolah kata saja, akan tetapi kini ada pula perangkat lunak yang dirancang untuk kepentingan pemetaan sehingga didapat informasi keruangan (spatial), yang dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG).
Banyak sudah perangkat lunak yang dibuat sehingga memungkinkan pengguna sulit memilih yang terbaik kami punya kriteria dari pemilihan perangkat lunak SIG, ada 11 (sebelas) item kutipan diambil dari buku “ Teknologi Penginderaan Jauh di Indonesia (1994, Dr. Indroyono. S) yaitu :

karena alasan tersebut maka saya mencoba dgn pc arc info  xD
Memang perangkat lunak buatan ESRI mempunyai kesebelas item, namun terbagi menjadi beberapa modul antara lain adalah :
1.PC ArcInfo Starter Kit
2.PC ArcInfo ArcediT
3. PC ArcInfo Arcplot
4.PC ArcInfo Network
5. PC ArcInfo Overlay

Khusus untuk perangkat lunak yang berjalan pada PC tidak dilengkapi dengan penggunaan proses aplikasi remote sensing.
Seperti namanya (starter) Modul ini inti dari semua modul yang ada dengan kata lain tanpa starter kit perangkat lunak ini tidak akan berjalan dengan baik. Modul ini merupakan kumpulan dari proses antara lain :

nb : penggunaan arc info bisa diaplikasikan dengan arc view dan karena saya masih amatir so hasilx kacau  xD lalala~~

Tidak ada komentar: